Cara Perawatan Gitar Akustik

“jadi buat nyimpen gitar gw kudu punya lo gitu?”

Untuk menyimpan dan merawat gitar akustik supaya bertahan puluhan, atau bahkan ratusan tahun dengan baik, ada beberapa faktor yang sebaiknya dipahami. Bisa dikatakan sebagian besar gitar akustik terbuat dari kayu, dan kayu  memiliki kelemahan, jika terkena panas, kelembaban udara, gaya tekan atau tarikan. Kita akan bahas setiap faktor ini satu persatu.

PANAS :

Panas mengakibatkan kayu menjadi lunak, bahkan luthier kadang memanfaatkan panas untuk menekuk kayu bagian samping gitar (side) supaya dapat masuk kedalam cetakan bodi gitar. Meskipun temperatur ruang penyimpanan biasanya tidak terlalu tinggi, perlu diingat bahwa panas selain mempengaruhi kekerasan kayu, juga melunakkan lem/perekat yang dipakai pada gitar.

KELEMBABAN :

Meskipun bagian luar gitar akustik dilapisi cat, bagian dalam gitar adalah kayu yang telanjang, tidak terlindungi apapun, dan bersentuhan langsung dengan udara. Udara yang terlalu kering (RH < 40 %) akan membuat kayu mengering kemudian retak. Udara yang terlalu lembab (RH > 60 %) akan membuat kayu lunak dan membusuk. Kelembaban ideal untuk menyimpan gitar akustik adalah 40 – 55%. RH adalah Relative Humidity, atau Kelembaban Relatif yang diukur dengan Thermohygrometer (benda kotak yang nongkrong disebelah gundam diatas). Lemari khusus yang tertutup rapat atau hardcase adalah tempat penyimpanan terbaik untuk gitar akustik. Menurunkan kelembaban bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan memasukkan beras atau garam atau baking soda yang di bungkus kantung kain, karena ketiga benda ini bersifat menyerap air. Atau anda juga bisa membeli produk  penyerap air yang banyak di pasaran. Menambah kelembaban (mestinya jarang, karena udara di Indonesia cukup lembab) dilakukan dengan meletakkan kain lembab dalam tempat penyimpanan. Thermohygro bisa dibeli di toko kimia atau toko supply medis dengan kisaran  harga Rp 50.000 – Rp 100.000.

permukaan kayu bagian dalam gitar, bagus yah :)

Tekanan atau Tarikan :

Setiap senar pada gitar akustik memberikan tarikan 7 – 14 kg, jadi diantara headstock dan bridge ada tegangan sebesar sekitar 60 kg. Daya tarik yang cukup besar. Layak dipertimbangkan untuk mengendurkan senar gitar sebelum menyimpan gitar dalam waktu lama, agar neck tidak bengkok.

Simpelnya, untuk merawat gitar, hindari panas, terlalu lembab atau kering dan tekanan/tarikan yang tidak perlu.

About pickupshield

Memproduksi Shield Paint untuk menghilangkan noise dari berbagai macam gelombang listrik dan radio. Graphite dan Teflon Saddle dan Nut, String Cleaner dan String Lube untuk gitar
This entry was posted in Articles and tagged , , , . Bookmark the permalink.