Cara Pemakaian Conductive Paint pada Gitar

Bagian pertama:
Persiapan Gitar

Artikel ini , dibagi dalam tiga bagian, adalah ditujukan kepada teman-teman gitaris yang ingin mencoba mengaplikasikan sendiri conductive paint pada gitarnya dan ingin tau bagaimana membongkar gitar elektrik, semoga setelah membaca artikel ini berani pergi ke toko perkakas untuk membeli  solder, tang, sprayer dll.
Tentu saja bila kamu sudah terbiasa dalam hal bongkar pasang, setting, wiring, painting your own guitar, mungkin mempunyai langkah-langkah yang bisa jadi berbeda, itu ga mengapa, perbedaan itu –katanya- indah bukan?
Dalam artikel ini, kami menyiapkan beberapa gitar elektrik dengan model yang berbeda dalam instalasi komponen elektroniknya.

Pada bagian I terdapat :

Ibanez RX 150 dan Genta SG

  • Ibanez RX-150, yaitu gitar yang komponen elektroniknya (kecuali jack output) menempel pada pickguard, menggunakan sebuah floating tremolo. Dianggap dapat mewakili beberapa model yang sejenis seperti fender Stratocaster, Ibanez Rg dengan pickguard, Ibanez JEM dll.

bagian belakang Ibanez RX 150 dan Genta SG

  • Genta SG model, yaitu gitar yang komponen elektroniknya tidak menempel pada pickguard. Kebetulan gitar ini mempunyai pickguard namun fungsinya hanya sebagai aksesoris dan tempat menempel pickups/pickups mounting semata, sehingga dapat dianggap mewakili gitar tanpa pickguard. Gitar ini menggunakan Tune O’ Matic bridge dan stop tail (Fixed Bridge). Pemakai gitar sejenis seperti Gibson LP, Gibson SG, Fender Telecaster dll dapat diwakili olehnya.

Fernandes Vertigo model with floating tremolo and locking nut

 

Beberapa gambar diambil dari sebuah gitar copy Fernandes Vertigo model untuk sedikit contoh untuk model bridge floating tremolo (Floyd rose/Edge) dan locking nut.

Mari kita mulai persiapan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Persiapkan perkakas untuk membongkar sebuah gitar. Perkakas ini pada umumnya dapat berupa seperti tampak pada gambar di bawah ini, 1 buah  solder (60w lebih baik) atau  tang potong, tang jepit (tremolo), 1 set obeng dan kunci pas, 1 buah string winder, 2-3 buah cable ties, 1 buah kunci L (locking nut).

2. Jika proses pengecatan ini bersamaan waktunya dengan penggantian senar, maka lepaskanlah senar seperti biasa anda melakukannya. Tapi jika tidak maka senar tidak harus dilepas, cukup dikendorkan saja dengan cara:
a. Pasang 2  cable ties pada neck

cable ties pada neck Ibanez RX 150

b. Kendorkan locking nut (floating tremolo)

c. Lepaskan penutup lubang per belakang (floating tremolo)

d. Kendorkan senar dengan string winder/tangan sampai senar mengendor, pada bridge dengan floating tremolo terlihat posisi bridge seperti menenggak karena tertarik per.

 

3. Jika senar telah kendor, maka bridge dapat dilepaskan dengan cara:
a. Buka 2 buah baut pada stop tail (TOM bridge)

Yes! it’s a HELLO KITTY PICKGUARD!!

b. Pada gitar dengan floating tremolo, lepaskan pengait per pada bagian bawah tremolo dengan tang jepit atau tangan.

c. Pada beberapa model floating tremolo, pada blok tremolo bawah tempat mengaitnya per ada plat untuk mengunci pengait per, jika ada maka bukalah terlebih dahulu plat penguncinya sebelum melepaskan pengait.

4. Sekarang bridge telah terlepas dari tempatnya, tarik senar perlahan pada bagian diantara dua cable ties pada neck, tambah 1 buah cable ties lagi jika dirasa kurang, sekarang bridge telah diam pada neck dan area bodi tidak terhalang senar.

Oh ya, untuk T.O.M bridge, jika bridge tanpa pengunci maka sebaiknya dilepaskan saja.

TIPS: Siapkan satu wadah untuk menyimpan parts, komponen, printilan, sekrup dll untuk menghindari hilang, tercecer sehingga memudahkan nanti proses pemasangan kembali.

5. Buka semua penutup lubang yang berada di belakang gitar (back cavity cover). Dikarenakan pada gitar SG semua komponen berada dalam satu lubang/cavity yang sama, maka hanya ada satu cavity. Tapi pada beberapa model lain ada pula cavity terpisah seperti untuk switch, baterai, pre-amp dll. Dan itu semua harus dibuka untuk nanti dicopot komponen elektronik di dalamnya.

6. Tampak komponen elektronik pada gitar SG, dengan model gitar yang hanya satu cavity, maka cukup dilepaskan kabel dari pickups dan kabel ground ke bridge yang menempel di potensio. Jika cavity switch terpisah, maka lepaskan pula kabel yang tersambung ke switch di potensio.

Lepaskan/unsolder semua kabel pickups dan ground ke bridge yang menempel di potensio.

TIPS: jika sudah terbiasa dan mengerti tentang wiring gitar anda, tentu tak ada gunanya menandai tiap kabel. Tapi bila anda baru saja mencoba mengoprek wiring, anda perlu paham sebelum mencopot kabelnya. Bisa dengan cara menandai, memberi label, menggambar skemanya atau mendownload skema wiring dari situs-situs pembuat pickups macam dimarzio.com atau seymourduncan.com. Bisa pula dari forum-forum luar macam jemsite.com atau tdpri.com.

7. Lepaskan pula mur pengunci output jack dengan kunci pas, sehingga jack dapat dicabut (tanpa melepas kabel) dari dalam cavity. Lepas pula plat besi tempat tumpuan/mounting output jack dengan melepas sekrupnya menggunakan obeng.

8. Lepaskan semua knob volume dan tone, lalu kemudian copot mur dan ring yang mengunci potensio dan switch pada body gitar menggunakan kunci pas atau tang jepit. Hati-hati untuk tidak menggores permukaan body gitar anda.

Tampak semua komponen telah terlepas pada dari body gitar.

Cabutlah semua komponen dengan hati-hati. Dan simpan di wadah.

9. Lepaskan pickguard dengan mencopot sekrup menggunakan obeng, jika gitar anda tidak menggunakan pickguard tapi menggunakan mounting ring, maka lepaskan mounting ring dengan mencopot 4  sekrup di sudut mounting ring.

NOTE: Pickups tidak perlu dilepas dari mounting ring.

Tampak pickguard yang sudah dicopot.

Gitar SG telah siap untuk proses pengecatan dengan shield paint.

10. Untuk Ibanez (yang menggunakan tremolo) lepaskan kabel ground yang menempel ke dudukan per di cavity belakang dengan solder/tang potong. Buka dudukan per dengan melepas dua sekrup penguncinya.

11. Buka semua knob, switch tip (pentil switch) lalu kemudian lepaskan semua mur dan ring potensio dan switch.

Lepaskan pickups dari pickguard dengan membuka sekrupnya.

Buka sekrup blade switch.

12. Kemudian buka sekrup pickguard. Pickguard dapat diangkat dengan meninggalkan komponen-komponen elekronik pada cavity gitar.

TIPS: Pasang kembali sekrup pickups beserta pernya pada pickups, ini untuk mencegah tertukar, hilang atau tercecer. Begitu juga dengan switch tip dan mur potensio.

13. Lepaskan pula mur pengunci output jack dengan kunci pas. Lepas pula plat besi tempat tumpuan output jack dengan melepas sekrupnya menggunakan obeng. Tarik sedikit output jack dari lubangnya, lepaskan kabelnya menggunakan solder.

14. Setelah kabel output jack terlepas, maka sekarang komponen bisa dilepas dan gitar Ibanez RX telah siap untuk proses pengecatan dengan shield paint. 

Selamat mencoba.

Apa itu shielding?

About pickupshield

Memproduksi Shield Paint untuk menghilangkan noise dari berbagai macam gelombang listrik dan radio. Graphite dan Teflon Saddle dan Nut, String Cleaner dan String Lube untuk gitar
This entry was posted in Articles and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.